7:22 PM
Desain Rumah Bernuansa Islami, Kesan Hangat dan Menenangkan
Desain Rumah Bernuansa Islami Desain rumah bernuansa Islami menjadi pilihan hunian yang sangat pas untuk keluarga muslim masa kini. Terutama bagi mereka yang mengharapkan desain khas Islami, tetapi tetap mempertahankan gaya modernnya.

Sentuhan nuansa Islami di dalam rumah dapat memberikan kesan dan energi positif bagi kita. Bahkan selalu merasa dekat dengan Sang Maha Pencipta karena seolah berada di dalam masjid setiap saat.

Desain rumah semacam ini sangat direkomendasikan kepada setiap muslim. Pasalnya, sebagai hunian yang digunakan untuk berkumpul dan mendidik anak-anak, menerapkan desain atau dekorasi rumah dengan nuansa keislaman membuat suasana menjadi harmonis sesuai ajaran Islam.

 

Desain Rumah Bernuansa Islami


Seperti dilansir Harapan Rakyat, konsep rumah dengan bernuansa Islami tidak hanya menciptakan rumah bak cita rasa Islam saja. Akan tetapi, juga dapat menghadirkan desain khas Timur Tengah yang sungguh indah.

Tak ketinggalan dengan nilai seninya yang modern dan kekinian. Secara umum, ciri hunian bernuansa Islami memiliki detail lengkungan serta kaligrafi, rincian desain yang modern, dan pembagian ruang terlihat lapang, rapi, bersih, dan nyaman.

Bukan hanya itu saja, konsep rumah dengan nuansa Islami juga memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan konsep pada umumnya. Hal tersebut dapat diamati dari pemilihan interior dan juga penggunaan furniture.

Penerapan desain rumah bernuansa Islami ini dapat dikreasikan dengan berbagai inovasi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kami paparkan sejumlah inspirasi untuk mendesain rumah anda dengan gaya Islami.

Lantai Karpet dengan Nuansa Kehangatan

Desain rumah dengan gaya Islami dapat menggunakan berbagai macam dekorasi yang diletakkan pada bagian lantainya. Pada dasarnya, nuansa Islami yang sering kita rasakan identik dengan kehangatan dan ketenangan.

Demi mendapatkan kedua kesan tersebut, salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan memasang karpet. Penggunaan karpet ini menjadi pilihan yang sangat tepat bila dipasang pada lantai rumah bernuansa Islami.

Anda dapat menentukan motifnya sendiri, contohnya adalah dengan memilih motif Arabian. Motif ini sangat bagus dan juga mampu memberikan hiasan pada ruangan.

Untuk mendapatkan kesan nyaman yang lebih dari desain rumah bernuansa Islami ini, tidak perlu menggunakan kursi. Sebab, karpet ini bukan hanya untuk pelapis lantai saja, melainkan juga sebagai alas.

Selain itu, dengan penggunaan karpet dapat menambah estetika rumah dan ruangan pun juga tidak akan terasa membosankan.

Memilih Ornamen atau Lukisan yang Islami

Lazimnya, hunian yang baik untuk orang beragama Islam yaitu menghindari berbagai barang-barang di dalam rumah yang dapat menimbulkan syirik. Seperti halnya, lukisan bernyawa, pusaka, patung, dan barang-barang yang mengandung unsur syirik lainnya.

Oleh karena itulah, akan lebih baik jika anda memilih ornamen dengan gaya Islami saja. Misalnya, lukisan berlafadz Allah atau Muhammad maupun kaligrafi dari ayat suci Al Qur'an.

Sebagai desain rumah bernuansa Islami, penting untuk menghindari pembangunan rumah berlatarbelakang Feng Shui atau arah angin. Sebab, hal tersebut dapat menimbulkan kesyirikan juga.

Pada dasarnya, hunian umat Islam itu tidak hanya mengedepankan kenyamanan, fungsi, maupun keindahan saja, melainkan juga harus memperhatikan kebarokahannya.

Kaca Jendela Geometrik Khas Islami

Desain rumah dengan gaya Islami juga bisa menerapkan konsep pada pemilihan jendelanya. Hal ini penting untuk diperhatikan karena setiap ruangan pasti akan dibekali dengan jendela, termasuk juga ruangan pribadi seseorang.

Demi menghadirkan nuansa Islami di setiap ruangan, dapat menggunakan jendela bermotif geometris. Motif ini sangat sesuai dan identik dengan gaya Islami.

Desain rumah bernuansa Islami dengan motif geometris memberikan tampilan yang sangat dekoratif. Visual dari sebuah ruangan yang tampak hidup dan berenergik juga dapat ditunjukkan dari penggunaan kaca yang dekoratif.

Memisahkan Kamar Anak Laki-Laki dan Perempuan

Meskipun memilih hubungan darah dan satu keluarga, rupanya agama Islam sangat detail dalam menganjurkan untuk memisahkan kamar anak laki-laki dan perempuan.

Ditujukan untuk para orang tua, ketika memiliki anak laki-laki dan perempuan, kemudian sudah baligh, maka hendaklah memisah kamar keduanya.

Ide desain rumah bernuansa Islami yang satu ini sangat perlu untuk diperhatikan. Sehingga rumah tampak aman dan juga nyaman.
 
Category: Catatan | Views: 184 | Added by: kacong | Rating: 0.0/0
Total comments: 0